Sabtu, 14 Mei 2016

Dusun Titi Payung Belum Ada Listrik

Warga Dusun Payung Desa Naga Timbul, Deliserdang Rindukan Listrik PLN
Jumat, 8 April 2016 | 10:34:02
SIB/Roni Hutahaean ST
Belum dialiri Listrik : Sebanyak 60 KK warga di Dusun Payung Desa Naga Timbul Kecamatan Tanjung Morawa Deliserdang merindukan aliran listrik PLN masuk ke desa mereka. Kendala yang dihadapi selama ini akibat pihak perkebunan kelapa sawit tak izin lokasi kebun mereka dilintasi listrik negara.
Tanjung Morawa (SIB)- Sebanyak 60 kepala keluarga di Dusun Payung Desa Naga Timbul Kecamatan Tanjung Morawa Deliserdang, sejak Indonesia merdeka hingga kini belum merasakan pasokan listrik dari PLN.

Plt Kepala Desa Naga Timbul, Umar Daulay, Kamis (7/4) mengatakan, warganya sudah lama merindukan penerangan listrik dari PLN. "Masyarakat sudah berulang kali mengusulkan kepada PT PLN agar memberi pasokan listrik, namun kendala ada pada perusahaan perkebunan yang tak mengizinkan lahan perkebunan mereka dilintasi jaringan listrik," katanya.

Warga berharap desa mereka segara dapat dialiri listrik PLN. Poniman (68) warga yang sejak lahir tinggal di kampung itu mengatakan, saat ini pada malam hari mereka memakai genset yang dibeli dengan patungan begitu juga untuk bahan bakarnya warga setiap hari selalu patungan.

"Listrik dengan menggunakan genset menyala dari pukul 19.00 wib hingga pukul 22.00 wib saja dan itu dipakai untuk 12 rumah warga, selainnya pakai lampu teplok," katanya.

Tidak adanya pasokan listrik memang sangat dirasakan juga oleh anak-anak warga yang bersekolah, mereka terpaksa pakai lampu teplok meski remang-remang agar dapat belajar.

Sementara itu, pihak PLN Rayon Kecamatan Galang yang jaringan listrik mereka lebih dekat menjangkau lokasi perumahan warga mengatakan, PLN siap membantu, namun kampung itu melintasi perkebunan kelapa sawit dan pihak perusahaan tak mengizinkan areanya dilintasi jaringan listrik. (A24/q)

0 komentar:

Posting Komentar