Kamis, 10 Desember 2015

Petani Semangka Tawang

Bulan Puasa,Petani Semangka Tamora Ketiban Rezeki

Sabtu, 6 Agustus 2011 | 14:03:07
Tanjung Morawa- Dalam bulan suci Rmadhan kali ini,seluruh petani semangka khusnya di Dusun V Desa Naga Timbul Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang ketiban rezeki.Pasalnya,Sekarang ini,para agen semangka berani membeli langsung ke areal peraldangan warga berkisar Rp 2500/KiloGramnya. "Mungkin harga semangka begitu melejit dipengaruhi bulan puasa".Ujar M br Keliat(41) salah seorang petani semangka Jum'at(5/8) di tanjung Morawa.

Selain Paktor karena bertepatan dengan bulan puasa,Beru Keliat juga mangatakan karena saat ini cuaca musim kemarau."Kalau memang cuaca ini bertahan selama dua minggu saja tidak hujan maka harga semangka bakal melonjak naik lagi".Ujarnya.

Ketika disinggung berapa besar biaya untuk menanam semangka perrantenya, ibu empat anak ini menjelaskan sebenarnya kalau untuk modal pertama harus mengeluarkan uang sekira 1 Jutaan untuk perawatan perrantenya.Karena menurutnya,biaya tersebut dipergunakan untuk memberi upah buat bedengan tanah dan membeli mulsa (plastic),pupuk serta bibit . Namun katanya,bila mana kita tidak mendapatkan hasil panen1,3 ton/rante, maka untuk penanaman pertama sudah pasti rugi. bebernya.

Para petani semangka khusnya Dusun V Kali Tawang untuk tahun ini cukup gembira karena para petani rata-rata mendapat hasil panen untuk 1 rante mencapai 1,5 ton dan harga jual juga tahun ini berpihak kepada petani.

Sebenarnya andai saja dinas pertanian Deli Serdang selalu turun kelapangan untuk memberikan pengarahan terhadap petani bagai mana caranya untuk membasmi ulat dan penyakit yang menyerang tanaman kami, kemungkinan hasil panen yang didapat petani semangka di daerah ini lebih memuaskan.Tetapimasyarakat Naga Timbul sudah bertahun-tahun melakukan penanaman semangka belum pernah mendapat arahan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang ditugasi kedesa ini.Demikian juga bagaimanan cara untuk melakukan penanaman semangka yang benar dan bagaimana mengatasi hama tanaman.kata petani lainnya.
Maka dalam hal itu para petani berharap kepada dinas pertanian agar dapat memberikan penyuluhan untuk mengatasi harga hasil panen semangka untuk prode yang mendatang dapat cukup memuaskan dari tahun ini harap mereka.(STP)

0 komentar:

Posting Komentar